Kamis, 06 Agustus 2015

Tentang mereka...



Kamis, 6 Agustus 2015
Rasanya membahagiakan sekali saat aku melihat senyum mereka. Sudah lama sekali aku tidak berada di situasi seperti ini, yah. Sudah 8 tahun aku meninggalkan situasi ini, dimana dulu aku juga berada di posisi mereka, duduk manis dan mendengarkan apa yang di ucapkan. Hari ini, walaupun tidak sepenuhnya aku akan berada disini, namun rasanya senang sekali bisa berbagi dan memberikan apa yang seharusnya memang harus mereka ketahui.
SDN 01 Tamansari, di sebuah sekolah yang terletak di pinggir jalan Desa Tamansari kecamatan Ampelgading ini, aku mengabdikan diriku selama satu bulan. Setiap hari yang kulihat adalah wajah-wajah lucu mereka, menggemaskan sekali, mereka adalah hiburan penghilang sumpek untukku dan teman-teman. Rasanya bahagia setelah dua tahun aku terkurung dalam ruang-ruang perkuliahan yang terkadang membosankan. Walaupun bukan sekolah elit seperti yang ada di kota-kota, namun semangat mereka sangat ku acungi jempol. Mereka anak-anak yang istimewa, di tengah-tengah kurangnya fasilitas sekolah.
Di sekolah yang memiliki kepala sekolah yang sama seperti SMP nya, rasanya sedikit miris, tenaga pengajar yang kurang dalam kuantitas membuat mereka tidak begitu efektif mendapatkan apa yang seharusnya mereka harus ketahui. Di sekolah ini minim sekali bahasa inggris, termasuk untuk tingkat SMP, sebagai mahasiswa yang sedang study di jurusan Sastra inggris aku merasa ingin sekali berbagi sedikit apa yang sudah ku ketahui kepada mereka. J
Berada disini membuatku seperti sedang mengikuti program “Indonesia Mengajar” seperti yang pernah kubaca. Anak-anak ajaib yang seharusnya mendapatkan pendidikan yang layak di tengah ketertinggalan. Mereka punya kecerdasan luar biasa ditengah keterbatasan. Andaikan aku sudah tidak punya kewajiban di Fakultas, aku ingin lebih lama lagi bersama mereka, membacakan banyak cerita untuk mereka, mengajarkan mereka menyanyi, melihat senyum mereka, berpose sesuka hati dan berbagi banyak hal bersama mereka.
Adik-adik, setelah satu bulan disini, aku jadi mengerti bahwa ternyata di belahan bumi di kota bunga ini, masih ada semangat membara dari anak2 ajaib seperti kalian. Walaupun dengan segala keterbatasan tapi kalian luar biasa. Semoga nantinya kalian bisa bertemu dengan saya lagi yaaa…setelah pulang ke malang mbak pasti akan sangat merindukan kalian .. belajar yang rajin yaaaa.. J J J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar