Rabu, 28 September 2016

ANGKOT MALANG



 
Malang bagi saya bukan saja kota yang memberikan sejuta cerita persahabatan dan cinta, ciyeeehhhh.. tapi disini segala kekonyolan mewarnai perjalanan. Bagi mahasiswa yang gak bisa naik motor, tepatnya gak berani sih. Hehehe. Angkot adalah alternative biar bisa mlaku-mlaku dolan ngelilingi Malang. Nah, berkaitan dengan angkot ini banyak banget cerita konyol yang sebenarnya malu buat saya ceritakan, tapi gapapa deh, kita bagi. Jadi begini…
Saya punya 2 sahabat yang juga kuliah di UIN, yang udah 4 tahun lebih kita sahabatan, terhitung dari SMA. Namanya Fauziah sama Lina. Nah, singkatnya kita bertiga adalah mahasiswa pecinta angkot, yang kalau mau kemana-mana mesti dadah dadah dulu nyetop angkot. Tapi, berhubung otak kita pada lemot buat ngafalin kode angkotnya (Malang itu keceh banget, angkot aja pake kode segala) dari yang AL, ADL, LG, GL, MM, ADM, LDR, TTM, khusus dua yang terakhir cuman boongan doang. Hehehe. Nah jadiilah sial selalu menimpa kita setiap kali pergi bareng angkot. Kita pernah diturunin bapak-bapak angkot di jalan gegara salah naek angkot, pernah jalan kaki jauuuhh banget –lagi lagi gara-gara salah angkot- , dan banyak lagi pengalaman mengenaskan kita bareng angkot. Nah untuk ngatasin itu saya sampai nyatet di dinding lemari kode angkot beserta tujuannya, yah biar kita ngga Tanya-tanya terus kaya orang b*go tiap kali mau jalan. Singkat cerita angkot yang langganan kita naikin Cuma 3 doang, AL,GL, sama LG. mulai deh berangsur-angsur kehidupan kita membaik, berdamai dengan kesalahan naek angkot (kita udah ga pernah sesat lagi :))
Tapi, kemaren ceritanya saya memberanikan diri buat jalan sendiri, ngambil paket kiriman buku dari Solo, karena seperti yang disarankan mbak-mbak JNE dekat rumah ntuh paketan kudu diambil ke JNE Pusat di Jl. Padjajaran, jadilah saya ngangkot sendirian. Nah, uniknya ketika saya pergi angkotnya berjalan pelan banget, sampe saya ngitung waktu yang diperlukan buat jalan pergi aja 35 menitan, padahal kalau bapak angkot pakai versi cepat paling juga 15 menit nyampe. L sampe di JNE pusat, saya nunggu 3 jam, lama banget yaaakkk. Dengan muka yang udah kulu-kulu, panas dan bercucuran keringat (mbambess) nama saya tak kunjung dipanggil jadilah saya pulang dengan membawa harapan hampa. Hari ini saya kembali lagi ke JNE pusat, takutnya ntar paketnya return ke Solo lagi, pulang ke UIN naek angkot lagi, nah kali ini setelah tak rasa-rasain naek angkot serasa naek pesawat, wuihhhh. Bedanya sumpek bin berjubelan penumpang. Bayangin aja, angkot yang kapasitas penumpang seharusnya 8 orang diisi 13 orang, wah.. pantat Cuma nyantol separuh di tempat duduk, berbagai macam bau menyengat menghampiri hidung saya, saya terhimpit diantara manusia-manusia yang barang bawaan nya banyak kayak mau pindah rumah, badannya gede, jangan Tanya baunya. Tak terdefenisikan guys. Untung depan saya mas-mas ganteng yang radak-radak Cina kebon gitu, masa sipit, badan kutipro (Kurus Tinggi Proporsional) lumayanlah cuci mata, diantara kesumpekan dan keterjepitan. Yang paling unik adalah si bapak sopir yang notabene nya pake antingan, rambut gondrong, muka sangar, suara menakutkan, nyopirnya gila-gilaan lagi, si bapak udah narikin ongkos angkot kita setelah kita naik. Aneh banget, biasanya juga bayar pas turun, tapi kata si bapak “Cek ntar ga riret mbak, pean mek kari pergi tok gak bayar mene” (Biar ntar tinggal turun aja mbak, ga ribet bayar di akhir) masyaAllah sungguh mulia sekali bapak angkot ini (padahal sebenarnya agak ‘mangkel’ di ati dikit). Alhasil saya juga takut naek nih angkot, bayangin waktu yang kalau cepet ditempuh 15 menit, ini gak sampai 10 menit saya udah sampai UIN, Alhamdulillah gak jantungan, :)
(Jangan bayangin ekpresi saya kayak diatas, bayangin saya terjepit diantara barang2 dan manusia Gede) hehehe.
Selain pengalaman diatas, di pengalaman sebelumya saya juga pernah satu angkot bareng 2 bule ‘india’ kayaknya, yang ngomongnya peke bahasa inggris, apa coba? Doi mengkritik Angkot, atau yang katanya Public Transportation. Bilangnya ga nyaman, maksain jumlah penumpang, intinya tu bule gak nyaman sampe dia ngeluarin kepalanya yang kata temen satunya “OH, you’re like monkey” ketika si bule ngeluarin kepalanya yang sebenernya cari angina seger, biar gak sumpek dan sesak nafas.
Nah, di Malang ini, saya enjoy semua hal, everything lah, tapi ‘say no’ buat kenyamanan angkot. Dibandingin Malang, angkot di kota saya (Palembang) jauh lebih nyaman dan gak bikin mual plus jantungan. Gak perlu sempit-sempitan dan maksain dimuat-muatin. 

Kisah Inspiratif Seputar Angkot..hehehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar